– –

Sinopsis

Sebuah cerita kecil dari perbatasan kota Tangerang dan Kabupaten Bogor, di mana hiduplah Kang Sui Liong, sang penjaga kuil, bersama istri dan anak-anaknya.Zaman berganti. Kang Sui Liong menjadi saksi kejayaan kaum Cina Benteng yang hidup dari hilir di Tangerang ke hulu di Bogor, hingga proses asimilasi menghitamkan kulit mereka.Di kala hari telah senja, Kang Sui Liong duduk termangu di persimpangan jalan, bertanya pada dirinya sendiri, akan di bawa ke mana tradisi warisan leluhur ini kelak.

Tentang Film

Film Naga Yang Berjalan Diatas Air merupakan sebuah film feature dokumenter panjang yang kami produksi sebagai bagian dari proses perekaman kronik sejarah sosio-kultural yang ada di Kota Tangerang Selatan. Film ini bercerita tentang kisah seorang penjaga klenteng yang bernama Kang Sui Liong di mana ia hidup selama puluhan tahun di daerah Babakan Pocis, Tangerang Selatan bersama anak istri dan orang-orang sekitarnya. Setiap harinya ia bertemu dengan berbagai macam kalangan baik jemaah klenteng maupun orang-orang yang ingin bersilaturahmi. Film ini berusaha untuk menyampaikan informasi dan sebagai sarana untuk menyembatani kesepahaman bersama akan nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Perpaduan sistem religi dan budaya mendapatkan corak akulturatif dan kaya akan ornamentasi. Perpaduan inilah yang menghidupi klenteng dengan latar kultural berdasarkan perpaduan ketiga unsur yakni Betawi, Sunda dan Tionghoa yang lebur secara bersamaan dalam penggalan waktu.

Produksi

Produksi film ini berlangsung selama hampir 3 bulan (akhir November 2011- Februari 2012), melibatkan pegiat film documenter dari Forum Lenteng, Jakarta dan Komunitas Djuanda, Ciputat Tangerang Selatan. Proses produksi film ini berlokasi di Klenteng atau Bio Kanti Sara, Babakan Pocis Desa Bhakti Jaya, Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Produksi film ini merupakan bagian program up-grading  Akumassa sebagai bentuk peningkatan kapasitas komunitas jejaring Akumassa yang diprakarasai oleh Forum Lenteng. Program Akumassa adalah bagian dari program Forum Lenteng yang memfokuskan diri pada pemberdayaan komunitas-komunitas di berbagai daerah di Indonesia melalui pendekatan media literacy. Program ini telah berjalan selama 3 tahun lebih dan telah melakukan pendampingan kepada 10 komunitas (Jakarta, Ciputat-Tangerang Selatan, Lebak, Cirebon, Padang Panjang, Blora, Surabaya dan Pemenang-Lombok Utara). Aktivitas Akumassa dapat dilihat di www.akumassa.org.

Tim Produksi dan Publikasi

Sutradara
Otty Widasari Berkolaborasi dengan Komunitas Djuanda

Asisten Sutradara
Ray S. Kusuma

Pengarah Kamera
Saiful Anwar

Asisten Pengarah Kamera
Choiril Chodri, Mufti Al umam

Ide Cerita & Periset
Renal Rinoza Kasturi

Penulis Cerita
Otty Widasari

Editor
Mufti Al Umam, Choiril Chodri

Manajer Lokasi
Dwi Anggraini Puspa Ningrum

Keuangan
Jayu Juli Astuti

Publikasi & Distribusi
Rizky Muhammad Zein, Eni Wibowo, Imam FR Kusumaningati, dan Farabi Ferdiansyah

Desain Grafis & Web
Andang Kelana, Riosadja

Database & Dukungan
Tim Redaksi akumassa

Produser
Hafiz

Spesifikasi Teknis
2012 | Warna | PAL | 115 menit | Bahasa Indonesia

Didukung oleh
FORUM LENTENG | AKUMASSA | KOMUNITAS DJUANDA | GALERITANGSEL.COM

THE FORD FOUNDATION


Forum Lenteng

Forum Lenteng adalah sebuah lembaga studi media non-profit yang bekerja mengembangkan penggunaan media sebagai alat pembelajaran. Forum ini didirikan oleh seniman, penulis, periset dan mahasiswa komunikasi pada tahun 2003. Kerja Forum Lenteng berupa produksi filem dokumenter, filem eksperimental, riset sejarah media dan workshop pemberdayaan komunitas di berbagai daerah di Indonesia.


Jalan Raya Lenteng Agung No. 34 RT 007/RW 02 Jakarta 12610
T/F: 021 7884 0373
Email: info@forumlenteng.org
Web: forumlenteng.org | akumassa.org | jurnalfootage.net | dongengrangkas.akumassa.org | visualjalanan.org
Twitter: @forumlenteng / @akumassa / @jurnalfootage / @dongengrangkas / @visualjalanan
Facebook: /forumlenteng/akumassa.org / /jurnalfootage/dongengrangkas.film / /visualjalanan
Flickr: http://www.flickr.com/forumlenteng
Youtube: http://www.youtube.com/user/forumlenteng
Issuu: http://issuu.com/forumlenteng

– – – –

Komunitas Djuanda

Komunitas Djuanda adalah kelompok studi berwawasan komunitas, egaliter dan kritis. Didirikan pada 17 Oktober 2009 oleh mahasiswa-mahasiswa komunikasi/jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Ciputat, Tangerang Selatan. Komunitas Djuanda fokus dalam pemberdayaan media untuk masyarakat melalui kegiatan-kegiatan diskusi, penelitian, produksi dan diseminasi. Setelah tiga tahun, Komunitas Djuanda telah menghasilkan karya-karya berbasis ‘media’ yang didistribusikan secara mandiri melalui jurnal online Komunitas Djuanda www.galeritangsel.com –jurnal online informasi tentang Kota Tangerang Selatan yang dikelola oleh Komunitas Djuanda yang dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat tentang beragam informasi lokal. Selain itu Komunitas Djuanda juga melakukan kerjasama dengan berbagai komunitas dan lembaga dalam mengembangkan kesadaran pada ‘bermedia yang baik dan sehat’ sebagai bagian dari gerakan bersama dalam bermedia.


Jalan Mandor Baret RT 01 RW 07 No. 1 Legoso Pisangan Kec. Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan 15149
Email: komunitasdjuanda@gmail.com
Twitter: @Kom_Djuanda
Facebook: Komunitas Djuanda
Web: komunitasdjuanda.wordpress.com | galeritangsel.com

Kirim komentar