Otty Widasari—Sutradara Film Naga Yang Berjalan Diatas Air, Seniman & Jurnalis

Dilahirkan  di Balikpapan Kalimantan Timur, 12 September 1973. Pendidikan tingginya ditempuh di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta jurusan jurnalistik namun tidak selesai dan kini sedang menempuh studi di Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Salah satu Pendiri Forum Lenteng. Pernah bekerja sebagai art director pada TV Komersial, reporter di sebuah surat kabar dan tabloid. Pada tahun 2008 hingga kini sebagai Pemimpin Redaksi www.akumassa.org dan aktif memberikan lokakarya video dalam setiap program pengembangan komunitas melalui media (video, teks dan media online) di berbagai daerah di Indonesia. Terlibat sebagai partisipan dalam setiap perhelatan pameran seperti partisipan Translated Space, ID Contemporary Indonesia, Kunstraum, Berlin, Pameran Akumassa, Free Art Galery Images Festival Toronto Canada, Pameran VIDEO:WRK – 1st Surabaya International Video Festival, Pameran MENILIK AKAR Galeri Nasional (video ANDY BERTANYA, Forum Lenteng), OK. Video Militia – 4th Jakarta International Video Festival 2007 Galeri Nasional, Pameran OK. Video Comedy – 3th Jakarta International Video Festival 2009 Galeri Nasional, Pameran NEO BEGINNERS di TENT Center Rotterdam Belanda project video BE RTDM, Pameran Istanbul Bienniele bersama Ruangrupa Jakarta (untuk materi video), Whisfull Thingking Public Art Project bersama Walter Van Berkhuizen (Belanda), Pameran tunggal “KAMAR” (Lukisan dan Drawing) di kos-kos-an 18B Lenteng Angung, 5th Short Singapore Film Festival 2009, Singapura. 11th Barcelona Asian Film Festival 2009, Barcelona, Spanyol. 38th International Film Festival Rotterdam 2009, Rotterdam, Belanda. Ia juga menjadi pembicara di berbagai seminar dan dalam film Naga Yang Berjalan Diatas Air, ia bertindak sebagai Sutradara dan penulis cerita film.

 

Ray Sangga Kusuma—Pendiri & Direktur Komunitas Djuanda

Dilahirkan di Tangerang, 23 Agustus 1986. Selepas SMA 7 Tangerang meneruskan pendidikannya ke Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta jurusan Komunikasi. Selama menjadi atlet karate sering meraih prestasi dan mengikuti berbagai macam turnamen kejuaraan Karate. Pada tahun 2007 menjadi Ketua KOMKA(Komunitas Kreatif Audio Visual) UIN Jakarta. Pendiri dan Direktur Komunitas Djuanda, sebuah komunitas yang bergiat dalam pengembangan media komunikasi seperti teks, video, dan fotografi. Pernah berpartisipasi pada Pameran video Program Jakarta 32° di Galeri Nasional tahun 2008, Pameran video akumassa Ciputat 2009, Festival Film Dokumenter (FFD) 2010 Yogyakarta, Pameran Decompression # 10 Ruang Rupa di Galeri Nasional 2010, Pameran Video: WRK # 02 Surabaya Video Festival 2011, Images Festival Toronto Canada 2011, dsb. Dalam produksi film dokumenter Naga Yang Berjalan Diatas Air, ia bertindak sebagai Asisten Sutradara dan kameramen.


Choiriel Chodri Juru Kamera dan Fotografer 

Dilahirkan di Purworejo, 24 Januari 1990, Selepas dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taman Siswa Purworejo, meneruskan pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Jurusan Jurnalistik. Pengurus Komunitas Djuanda, Pendiri media online revienspurworejo.com dan pengelola galeritangsel.com. Bersama Komunitas Djuanda, pernah mengikuti Program akumassa Forum Lenteng di tahun 2010 dan berpartisipasi dalam pameran Jakarta 32°C yang dibuat Ruang Rupa di Galeri Nasional. Saat ini aktif di Komunitas Djuanda dan Pemimpin Redaksi di media online www.reviensprworejo.com, juga membuat karya video dan mendalami film dokumenter. Pernah ikutserta dalam perhelatan festival diantaranya Pemutaran Video Akumassa Ciputat, Tangerang Selatan pada Desember 2009, Festival film Dokumenter (FFD) 2010 Yogyakarta, Presentasi Akumassa di Artsonje Arthall, Korea Selatan, Pemutaran kompilasi video Akumassa di Image Festival, Toronto, Canada dan beberapa pameran di kampus. Pada film Naga Yang Berjalan Diatas Air, ia bertindak sebagai kameramen dan editor.

 

Mufti Al UmamFotografer dan Editor

Dilahirkan di Jakarta, 23 Juli 1990, mahasiswa Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Salah seorang Pengurus Komunitas Djuanda. Bersama Komunitas Djuanda, pernah mengikuti Program akumassa Forum Lenteng di tahun 2010 dan berpartisipasi dalam worksop foto Jakarta 32°C yang dibuat Ruang Rupa. Saat ini aktif di Komunitas Djuanda dan sedang mendalami Film Dokumenter.  Karya-karya videonya bersama Akumassa diputar dan dipresentasikan di beberapa perhelatan seperti Pemutaran video Akumassa Ciputat, Tangerang Selatan 2009, Festival film Dokumenter (FFD) 2010 Yogyakarta, Presentasi Akumassa di Artsonje Arthall, Korea Selatan, Pemutaran kompilasi video Akumassa di Image Festival, Toronto, Canada. Pada film Naga Yang Berjalan Diatas Air, ia bertindak sebagai kameramen dan editor.


Syaiful AnwarPembuat Film Dokumenter dan Editor

Dilahirkan di Jakarta pada 26 Februari 1983. Ia menyelesaikan Strata 1 ilmu komunikasi di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di tahun 2007. Tahun 2010 ia terlibat dalam proyek filem dokumenter Crossing The Boundaries: Cross-Culture Video Project For Peace 2010 bersama Yayasan Interseksi. Tahun 2011, karya videonya menjadi salah satu pemenang kompetisi seni media yang diselenggarakan oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Di tahun yang sama ia menjadi mentor untuk workshop video dalam perhelatan Jakarta 32oC. Ia juga pernah terlibat dalam beberapa pameran fotografi, antara lain; pameran fotografi JEDA di Galeri Cipta III-Taman Ismail Marzuki dan Rumah Seni Cemeti, Yogyakarta, pada tahun 2006. Kini ia tinggal dan bekerja di Jakarta sebagai Koordinator Produksi di Forum Lenteng. Bersama Forum Lenteng, karya-karyanya telah dipresentasikan baik dalam perhelatan festival filem nasional seperti; Jakarta International Film Festival, Festival Film Dokumenter, maupun dalam perhelatan internasional, seperti International Film Festival Rotterdam, Belanda; Zinebi International Festival Documentary and Short Film of Bilbao, Spanyol; Experimenta, India; Internationale Kurzfilmtage Oberhausen, Jerman. Juga perhelatan seni rupa, seperti Pameran Entre Utopia y Distopia-Palestra Asia di Museo Universitario Arte Contemporaneo, Meksiko tahun 2011 dan 24 Edition Images Festival (Presentasi Khusus), Toronto Free Gallery, Kanada di tahun yang sama. Baru-baru ini berpameran bersama Forum Lenteng dalam Pameran Seni Video “Membajak TV” di Komunitas Salihara dengan karya “Masa Analog, Masa Represi”. Dalam film feature dokumenter  “Naga Yang Berjalan Diatas Air, ia bertindak sebagai penata kamera dan kameraman.

 

Renal Rinoza KasturiPeriset Media & Penulis

Lahir di Jakarta, 8 Maret 1984. Tahun 2010 lulus dari Fakultas Dakwah & Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Di tahun 2007 sempat kuliah Filsafat Barat pada Program E.C Ilmu Filsafat Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Jakarta. Aktif di Komunitas Djuanda, sebuah kelompok studi sosial dan budaya berbasis media yang mengembangkan potensi media komunikasi seperti teks, video, fotografi dan material media komunikasi lainnya. Menulis kajian sinema, video dan kebudayaan visual di jurnalfootage.net. Bersama akumassa.org, menulis aneka tulisan feature berbasis jurnalisme warga. Bekerja sebagai Periset Media Akumassa Forum Lenteng. Karya-karyanya turut berpartisipasi pada setiap perhelatan seperti Pameran video Program Jakarta 32° di Galeri Nasional tahun 2008, Pameran video akumassa Ciputat 2009, Presentasi video akumassa di Artsonje Center, Seoul Korea Selatan 2010, Festival Film Dokumenter (FFD) 2010 Yogyakarta, Pameran Decompression # 10 Ruang Rupa di Galeri Nasional 2010, Pameran Video: WRK # 02 Surabaya Video Festival 2011, Images Festival Toronto Canada 2011, dsb. Film feature dokumenter panjang “Naga Yang Berjalan Diatas Air” adalah karyanya  yang diproduksi bersama Forum Lenteng dan Komunitas Djuanda di mana ia bertindak sebagai pembuat ide cerita & periset.

 

Dwi Anggraini Puspa Ningrum

Dilahirkan di Jakarta, 16 September 1990. Mantan Ketua OSIS SMAN 6 Tangerang Selatan ini baru saja menyelesaikan pendidikan Strata 1 Jurnalistik di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan masih menanti selebrasi kelulusannya di Juli 2012. Ia adalah salah satu pengurus di Komunitas Djuanda sebagai redaksi dan koordinator produksi. Pada lokakarya Akumassa Ciputat tahun 2009 dipercaya sebagai Editor Jurnal Akumassa Ciputat. Sejak 2011 hingga saat ini menjadi sekretaris redaksi www.galeritangsel.com. Bersama Komunitas Djuanda telah melakukan pameran di antaranya, Pemutaran Video Akumassa Ciputat tahun 2009, Festival Film Dokumenter (FFD) 2010 Yogyakarta, Presentasi Akumassa di Artsonje Arthall, Korea Selatan, Pemutaran kompilasi video Akumassa di Image Festival, Toronto, Canada. Di tahun 2010 berpartisipasi dalam workshop dan pameran video Jakarta 32°C Ruang Rupa yang diselenggarakan di Galeri Nasional, turut berpartisipasi dalam pameran fotografi 484 di Cikini.  Pada film Naga Yang Berjalan Diatas Air, ia bertindak sebagai Manajer Lokasi.